Hal Yang Harus Dihindari Ketika Menulis Novel

 

Menulis novel tidak hanya sekadar menuangkan apa yang ada dalam pikiran menjadi rangkaian kata. Akan tetapi, dalam menulis novel terdapat beberapa aspek yang harus dihindari agar karya yang kamu hasilkan dapat semakin berkualitas. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dihindari saat menulis novel, yaitu.

1.     Klise: Hindari menggunakan ide atau plot yang sudah terlalu sering digunakan atau menjadi klise. Cobalah untuk membuat sesuatu yang baru dan segar.

2.     Over-deskripsi: Terlalu banyak deskripsi dapat membuat cerita menjadi membosankan dan memperlambat tempo. Cobalah untuk menemukan keseimbangan antara deskripsi yang cukup untuk membantu pembaca membayangkan dunia dan karakter.

3.     Terlalu banyak dialog: Terlalu banyak dialog dalam cerita dapat membuat pembaca kehilangan konteks dan mengabaikan deskripsi atau tindakan yang mungkin terjadi di sekitar karakter. Berikan keseimbangan antara dialog dan deskripsi karena hal ini cukup vital dalam perceritaan pada novel.

4.     Copycat: Hindari meniru cerita atau gaya penulisan dari penulis lain. Kamu harus dapat menciptakan gaya penulisan dan ide yang unik yang menjadi ciri khas dirimu sendiri.

5.     Tidak merevisi: Pastikan untuk merevisi dan mengedit naskah secara menyeluruh sebelum mempublikasikannya. Ini akan membantu memperbaiki kesalahan dan membuat ceritamu terasa lebih baik dan lebih konsisten.

6.     Karakter yang datar: Karakter yang datar atau tidak memiliki kedalaman emosional dapat membuat pembaca bosan dan kehilangan minat pada cerita. Berikan karakter kehidupan, harapan, impian, kelemahan, dan emosi yang terasa nyata agar pembaca tertarik membaca cerita hingga akhir.

7.     Plot hole: Pastikan plot cerita terkoheren dan tidak ada lubang di dalamnya. Ini akan membantu mempertahankan keseruan pembaca dan membuat cerita terasa lebih konsisten.

8.     Terlalu banyak informasi: Berikan informasi sedikit-sedikit dalam alur cerita yang sesuai karena jika terlalu banyak informasi yang diberikan dalam satu waktu dapat membuat pembaca kebingungan dengan informasi.  

Hal-hal di atas perlu kamu hindari ketika menulis novel agar pembaca tidak merasa bosan dan dapat bersemangat membaca karya yang telah kamu ciptakan. Jadi apakah kamu sudah siap untuk menulis dan menuangkan imajinasimu?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun Ketegangan dalam Novel Anda: Tip dan Trik Agar Pembaca Tetap Terpikat

Suntikan Nasionalisme Dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori

Pengaruh Budaya dan Latar Belakang pada Karya Sastrawan